PENGARUH LATIHAN POWER TUNGKAI DAN DAYA TAHAN TERHADAP HASIL KECEPATAN LARI 400 METER GAWANG PADA ATLET ATLETIK DI UKM ATLETIK UNY

Turhamun, Slamet (2019) PENGARUH LATIHAN POWER TUNGKAI DAN DAYA TAHAN TERHADAP HASIL KECEPATAN LARI 400 METER GAWANG PADA ATLET ATLETIK DI UKM ATLETIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi komplit.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh latihan power tungkai dan daya tahan terhadap hasil kecepatan lari 400 meter gawang atlet dan latihan power tungkai dan daya tahan yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil kecepatan lari 400 meter gawang pada atlet atletik di UKM atletik UNY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dessain pre-test dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet atletik yang mengikuti UKM atletik di UNY berjumlah 10 atlet. Sampel yang digunakan sebanyak 10 atlet, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t, maka diperlukan uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : latihan power tungkai dan daya tahan berpengaruh signifikan terhadap hasil kecepatan lari 400 meter gawang dengan t hitung 6,827 > t tabel 2,262. Rerata hasil kecepatan lari 400 meter gawang atlet yang telah mendapatkan perlakuan dengan latihan power tungkai dan daya tahan sebesar 68,31 dtk. Dari perbandingan pretest dan posttest pada kelompok latihan power tungkai dan daya tahan, terlatih adanya peningkatan 5% dari kemampuan awal atlet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Power Tungkai, Daya Tahan, Lari 400 Meter Gawang
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:29
Last Modified: 28 Feb 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62962

Actions (login required)

View Item View Item