PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 4 KECAMATAN WATES

Cahyono, Hari (2019) PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 4 KECAMATAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hari Cahyono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar kelas IV se-gugus 4 Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat baca siswa yang masih rendah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengelolaan perpustakaan sekolah sedangkan variabel terikatnya minat baca siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV se-gugus 4 Wates yang berjumlah 244. Sampel diambil menggunakan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 155. Metode untuk pengambilan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pegujian hipotesis mengunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil Penelitian yang diolah meggunakan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat baca siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan persamaan regresi Y = 11,655 + 0,356X. Hipotesis dapat diterima bahwa terdapat pengaruh signifikan pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa kelas IV SD Se-Gugus 4 Kecamatan Wates , Kabupaten Kulon Progo. Kata kunci: Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:21
Last Modified: 28 Feb 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62961

Actions (login required)

View Item View Item