PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN VIDYA QASANA, BUMIJO, JETIS, KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wibowo, Muhamad Edi (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN VIDYA QASANA, BUMIJO, JETIS, KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Muhamad Edi Wibowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan untuk meningkatkan keaktifan belajarsiswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Vidya Qasana, Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus memiliki tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi. Pada penelitian ini metode metode pengambialn data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Vidya Qasana yang berjumlah 31 siswa. Teknis analisis data adalah diskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation yang memiliki sintaks: (1) seleksi topik, (2) merencanakan kerjasama, (3) implementasi, (4) analisis dan sintesis, (5) penyajian hasil akhir, dan (6) evaluasi dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa. Pada pra siklus rata-rata keaktifan siswa adalah 29,37 dimana angka tersebut masih tergolong sangat kurang. Selanjutnya setelah digunakan model group investigation, keaktifan siswa meningkat menjadi 70,54 (kategori baik) pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan melalui hasil refleksi, keaktifan meningkat menjadi 82,34 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:18
Last Modified: 28 Feb 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62960

Actions (login required)

View Item View Item