PENGARUH LATIHAN SQUAT JUMP DAN NAIK TURUN BANGKU TERHADAP TINGGI LOMPATAN PENJAGA GAWANG SSO REAL MADRID FOUNDATION UNY YOGYAKARTA

Utomo, Dendi Tri (2019) PENGARUH LATIHAN SQUAT JUMP DAN NAIK TURUN BANGKU TERHADAP TINGGI LOMPATAN PENJAGA GAWANG SSO REAL MADRID FOUNDATION UNY YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latihan explosive power sangatlah penting untuk penjaga gawang di SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Pelatih sudah melatihkan beberapa latihan explosive power seperti latihan lompat melewati cons, lompat pagar, Squat Jump dan Naik Turun Bangku untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Squat Jump dan Naik Turun Bangku pada Tinggi Lompatan Penjaga Gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Two-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen dalam penelitian ini tes vertical jump. Subjek penelitian yang digunakan adalah penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta yang berjumlah 13 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil analisisi uji t pada lompatan Penjaga Gawang dengan latihan squat jump diperoleh nilai t hitung (3,267) > t tabel (2,447), sedangkan uji t pada lompatan Penjaga Gawang dengan latihan Naik Turun Bangku diperoleh nilai t hitung (9,774) > t tabel (2,571). Hasil tersebut dapat disimpulkan ada Pengaruh Latihan squat jump dan Naik Turun Bangku yang signifikan pada Penjaga Gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Hasil persentase peningkatan latihan menggunakan naik turun bangku (20,12 %) mempunyai peningkatatan lebih baik dibandingkan menggunakan squat jump (11,56 %).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Latihan Squat Jump, Naik Turun Bangku, lompatan Penjaga Gawang
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:21
Last Modified: 28 Feb 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62959

Actions (login required)

View Item View Item