PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS PADA SISWA KELAS I A SD NEGERI SINDUADI 1

Shinta, Umitania Nurma (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS PADA SISWA KELAS I A SD NEGERI SINDUADI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Umitania Nurma Shinta 14108244054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

vii PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS PADA SISWA KELAS I A SD NEGERI SINDUADI 1 Oleh: Umitania Nurma Shinta 14108244054 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktur analisis sintesis pada siswa kelas I A SD Negeri Sinduadi 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 di SD Negeri Sinduadi 1. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri Sinduadi 1 pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran siklus I dan siklus II guru menerapkan metode struktur analisis sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran membaca permulaan melalui metode struktur analisis sintesis dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa ketika pratindakan, terdapat 14 siswa atau 40% dari 35 siswa yang belum tuntas. Sedangkan yang sudah tuntas yaitu 21 siswa 60 %. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 siswa 65,71% dan siswa yang belum tuntas sebesar 12 siswa 34,29%. Hasil ini telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian sehingga peneliti menindaklanjuti pada siklus II berdasarkan refleksi siklus I. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 32 siswa 91,43% telah tuntas sedangkan 3 siswa 8.57% masih belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa kriteria keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus I dan siklus II. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, metode struktur analisis sintesis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:10
Last Modified: 28 Feb 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62958

Actions (login required)

View Item View Item