PENGARUH LATIHAN VARIASI LADDER DRILL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING DAN DRIBBLING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK NEGERI 1 SAYEGAN

Permadi, Wit (2019) PENGARUH LATIHAN VARIASI LADDER DRILL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING DAN DRIBBLING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK NEGERI 1 SAYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi pdf siap upload.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan variasi ladder drill terhadap kemampuan passing dan dribbling pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penguasaan bola dalam permainan futsal yang masih rendah dikarenakan tingkat akurasi passing dan dribbling yang masih rendah. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah The One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 1 Seyegan berjumlah 30 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi tes mengoperkan bola rendah dari Subagyo Irianto dan dan tes menggiring bola dari Bobby Charlton. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan variasi ladder drill terhadap kemampuan passing dan dribbling pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 1 Seyegan. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 7,15 dan rerata posttest sebesar 8,65 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 1,50, hal ini menunjukkan perubahan yang lebih baik yaitu 20,97% dibandingkan sebelum diberikan latihan ladder drill. Sedangkan pengaruh latihan variasi ladder drill terhadap kemampuan dribbling pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 1 Seyegan dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 17,87 dan rerata posttest sebesar 16,76 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 1,10, hal ini menunjukkan perubahan yang lebih baik yaitu 6,15% dibandingkan sebelum diberikan latihan ladder drill terhadap keterampilan dribbling memberikan perubahan yang lebih baik dibandingkan sebelum diberikan latihan ladder drill.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan ladder drill, passing, dribbling
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Feb 2019 02:31
Last Modified: 27 Feb 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62939

Actions (login required)

View Item View Item