KORELASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PERCAYA DIRI BERWIRAUSAHA BIDANG BUSANA SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 1 NGAWEN

Aini, Novi Nur (2019) KORELASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PERCAYA DIRI BERWIRAUSAHA BIDANG BUSANA SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 1 NGAWEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan unuk mengetahui: 1) hasil belajar mata pelajaran produktif yang dicapai siswa jurusan tata busana SMK N 1 Ngawen, 2) percaya diri berwirausaha busana yang dimiliki siswa jurusan tata busana SMK N 1 Ngawen, 3) korelasi antara hasil belajar mata pelajaran produktif dengan percaya diri berwirausaha busana siswa jurusan tata busana SMK N 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian tata busana SMK N 1 Ngawen sebanyak 66 orang. Ukuran sample penelitian sebanyak 55 orang ditentukan dengan tabel isaac dan Michael. Selanjutnya sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik proportionate statified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumen nilai guru yang diambil dari database rapor dan angket percaya diri wirausaha busana. Analisis data deskripsi dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar mata pelajaran produktif siswa di SMK N 1 Ngawen dinyatakan kompeten 100%, 2) percaya diri wirausaha busana siswa SMK N 1 Ngawen tahun ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori tinggi, hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa memiliki skor pada interval >108 s.d. 122 sebanyak 23 siswa (41,06%), sangat tinggi sebanyak 6 siswa (10,8%), rendah sebanyak 18 siswa (32,14%) dan sangat rendah sebanyak 9 siswa (16%), 3) koefisien korelasi sebesar 0,487, diketahui bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,487>0,345), dengan nilai signifikansi pada penelitian ini adalah 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001<0,05), jika nilai signifikasi lebih kecil dari level of significance (sig,0,05) berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (hasil belajar mata pelajaran produktif) dengan variabel terikat (percaya diri wirausaha busana). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar mata pelajaran produktif dengan percaya diri wirausaha busana siswa jurusan tata busana SMK N 1 Ngawen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pelajaran produktif, wirausaha busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62929

Actions (login required)

View Item View Item