IMPLEMENTASI SOFT SKILLS PADA PEMBUATAN ROK COSTUME-MADE DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Nuranisa, - (2019) IMPLEMENTASI SOFT SKILLS PADA PEMBUATAN ROK COSTUME-MADE DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I NURANISA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II NURANISA.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III NURANISA.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui soft skills yang dapat menunjang proses pembelajaran pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dan 2) mengetahui implementasi soft skills siswa kelas XII Busana 4 pada pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan populasi adalah siswa kelas XII Jurusan Tata Busana yang berjumlah 117 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Busana 4 yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Validitas instrument menggunakan validitas logis dan validitas empiris. Validitas logis menggunakan pendapat dari judgement expert. Yang menghasilkan beberapa perubahan pada instrumen. Reliabilitas instrument angket menggunakan pendapat ahli yang menyatakan bahwa instrument reliable dengan interpretasi sangat tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui 1)soft skills yang dapat menunjang proses pembelajaran pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta adalah (1)kemampuan komunikasi dan (2)kerjasama yang termasuk dalam interpersonal skills dan (3)sikap teliti, (4)tanggungjawab, (5)disiplin, (6)kreativitas, (7)kemandirian, dan (8)sikap professional termasuk dalam intrapersonal skills dan 2) implementasi soft skills siswa kelas XII Busana 4 pada pembuatan rok costume made diketahui hasil yaitu terdapat 15 siswa (65.3%) menerapkan soft skills pada pembuatan rok dengan baik, dan 8 siswa (34.78%) menerapkan soft skills pada pembuatan rok dengan tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi soft skills, rok costume-made, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62928

Actions (login required)

View Item View Item