PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DRILLING STATION BERBASIS PLC PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTIK KELAS XII DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Jati, Sukmo Anggoro (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DRILLING STATION BERBASIS PLC PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTIK KELAS XII DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I_TAS_Sukmo Anggoro Jati_13501241059.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TAS_Sukmo Anggoro Jati_13501241059.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_TAS_Sukmo Anggoro Jati_13501241059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh hasil pengembangan media pembelajaran drilling station berbasis PLC; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran drilling station berbasis PLC; (3) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran drilling station berbasis PLC pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian dilakukan di SMK N 2 Klaten dngan subyek penelitian siswa kelas XII B program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner dengan skala likert empat jawaban dan tes dengan model pilihan ganda. Uji validitas instrumen dengan expert judgment, uji reliabilitas instrumen kuisioner dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach’s, dan uji reliabilitas instrumen tes dihitung menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian yaitu: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan berupa drilling station dengan empat buah aktuator, enam sensor, dan tiga tombol tekan. Drilling station ini bekerja mulai dari benda pada sensor awal digerakkan konveyor ke titik pengebooran kemudian benda dijepit, setelah itu proses pengbooran baru dapat dilakukan, setelah selesai benda kemudian digerakkan lagi oleh konveyor menuju wadah penampungan. Drilling station juga dilengkapi dengan manual book untuk kemudahan penggunaan dan jobsheet untuk panduan praktik siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XII. (2) Kelayakan media pembelajaran drilling station berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor 79,5 dari total skor 100 dengan kategori “Layak”, penilaian ahli materi mendapatkan skor 76 dari total skor 92 dengan kategori “Sangat Layak”, dan penilaian pengguna mendapatkan skor 107,43 dari total skor 136 dengan kategori “Layak”. (3) Hasil belajar siswa sebelum penggunaan media pembelajaran drilling station adalah 62,04. Hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran drilling station adalah 76,06, nilai Gain Score berdasarkan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran drilling station sebesar 0,32 dengan kategori “Sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, drilling station, Pemrograman PLC, Teknik Instalasi Pemanfatan Tenaga Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62926

Actions (login required)

View Item View Item