PENGUKUR ARUS, TEGANGAN, DAN KECEPATAN GENERATOR BERBASIS ARDUINO UNO PADA PROTOTYPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKOHIDRO

Fasya, Arina Makarimal (2019) PENGUKUR ARUS, TEGANGAN, DAN KECEPATAN GENERATOR BERBASIS ARDUINO UNO PADA PROTOTYPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKOHIDRO. D3 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Arina Makarimal F. 14506134001 A-.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Proyek Akhir ini untuk merancang bangun perangat keras, perangkat lunak, dan mengetahui kemampuan dan unjuk kerja pengkuruan arus, tegangan, dan kecepatan generator berbasis Arduino UNO pada prototype pembangkit listrik tenaga pikohidro. Alat ukur digital yang berasal dari pembacaan sensor diharapkan mampu mempermudah proses pengukuran arus, tegangan dan kecepatan generator agar menjadi lebih efisien dan efektif karena ke tiga alat ukur yang memanfaatkan sensor diletakkan dalam satu boks. Metode pembuatan pengkuruan arus, tegangan, dan kecepatan generator berbasis Arduino UNO pada prototype pembangkit listrik tenaga pikohidro ada 5 tahap: (1) identifikasi masalah; (2) identifikasi dan analisis kebutuhan; (3) perancangan alat; (4) pembuatan alat; (5) pengujian alat. Hasil pengujian menunjukan Prototype pembangkit listrik tenaga pikohidro dapat diukur dengan menggunakan alat ukur digital yang hasilnya dapat ditampilkan di LCD dengan kesalahan rata-rata Pngukurusan sensor arus DC sebesar 1,17 %, Pengukuran tegangan DC memiliki kesalahan rata-rata sebesar 3,061%, dan pengkukuran kecepatan 1,49%. Dengan adanya sistem ini mahasiswa dengan mudah mengukur arus, tegangan, dan kecepatan generator dalam satu perangkat, karena semua komponennya diletakkan dalam satu boks.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Arduoino UNO, Pikohidro, alat ukur digital
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:43
Last Modified: 28 Feb 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62925

Actions (login required)

View Item View Item