PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KREATIVITAS MENDISAIN BUSANA PESTA KELAS XII DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Octavia, Dwi Putri (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KREATIVITAS MENDISAIN BUSANA PESTA KELAS XII DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Kreativitas mendisain busana pesta sebelum menggunakan media sosial instagram siswa kelas XII di SMK Karya Rini Yogyakarta. (2)Kreativitas mendisain busana pesta setelah menggunakan media sosial instagram siswa kelas XII di SMK Karya Rini Yogyakarta. (3)Pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kreativitas mendisain busana pesta siswa kelas XII di SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian eksperimen ini merupakan penelitian Pre-Eksperiment dengan metode the one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 35 siswa. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini pada bulan Agustus 2018. Variabel yang di gunakan ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah media instagram yang dilambangkan dengan huruf X dan variabel terikat adalah kreativitas siswa yang dilambangkan dengan huruf Y. Metode yang di gunakan tes unjuk kerja, dokumentasi, dan wawancara. Validitas instrumen menggunakan validitas isi Judgement Expert menyatakan layak. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha cronbach dengan hasil sebesar 0,79 dengan interpretasi kreatif. Uji Prasyarat menggunakan uji normalitas menggunakan kolmogorov Smirnov dengan hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji F dengan hasil mempunyai varian yang sama, dan uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas mendesain busana pesta sebelum menggunakan media Instagram diperoleh rata-rata sebesar 34,05 pada kategori kurang kreatif yaitu (71,4%) (2) kreativitas mendesain busana pesta sesudah menggunakan media Instagram diperoleh rata-rata 79,3 dengan kecenderungan kreatif yaitu (71,4%) (3) ada pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap kreativitas mendesain busana pesta. Dibuktikan pada hasil uji t dengan thitung sebesar 17.02 lebih besar dari pada ttabel yaitu 17.02>2.032 dengan DF 34 dan p=0,000. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media instagram dapat meningkatkan kreativitas menggambar busana pesta kelas XII SMK Karya Rini Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Instagram, kreativitas, Desain busana pesta, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62923

Actions (login required)

View Item View Item