EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI DIY

Pratiwi, Prahadika Maharaning (2019) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1_prahadika.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-2_prahadika.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3_prahadika.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui pencapaian hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Wonosari DIY sebelum menerapkan metode pembelajaran talking stick baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen; 2) mengetahui pencapaian hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Wonosari DIY setelah menerapkan metode pembelajaran talking stick untuk kelas eksperimen dan menerapkan metode ceramah untuk kelas kontrol.; 3) mengetahui efektivitas metode pembelajaran talking stick pada pencapaian hasil belajar tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Wonosari DIY. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Populasi penelitian yaitu siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X Tata Busana 2 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran talking stick, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah. Data penelitian diperoleh dari tes pretest dan tes posttest yang diberikan pada siswa saat sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Teknik pengolahan data hasil penelitian menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menerapkan metode talking stick rendah yaitu, 60,46 untuk nilai rata-rata kelas eksperimen dan 60,50 untuk rata-rata kelas kontrol. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah menggunakan metode pembelajaran talking stick mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan untuk kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah tidak ada peningkatan yang signifikan. 3) Berdasarkan perhitungan statistik nilai posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai pretest dan ada perbedaan yang cukup signifikan.Begitupun antara nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen juga ada perbedaan yang signifikan, sehingga secara statistik metode pembelajaran talking stick efektif untuk pencapaian hasil belajar tekstil. Namun jika dilihat dari besarnya persentase hasil yang mencapai KKM kurang dari 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick, Hasil Belajar, Tekstil, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62916

Actions (login required)

View Item View Item