UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN RINGINSARI SLEMAN

Ramadhan, Alif Insan (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN RINGINSARI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Alif Insan Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Ringinsari, Sleman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hal ini disebabkan karena rendahnya hasil belajar matematika siswa dan pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan jarang dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ringinsari, Sleman. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Ringinsari yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa lakilaki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Ringinsari. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, nilai rata-rata meningkat dari 66,78 menjadi 85,89 dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 39% menjadi 100%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 90,35 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 100%. Kata Kunci: hasil belajar matematika, Make A Match.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:32
Last Modified: 25 Feb 2019 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62876

Actions (login required)

View Item View Item