PENGARUH EFIKASI DIRI DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Linggasari, Emilia Rosita (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Emilia Rosita Linggasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa, (3) mengetahui pengaruh efikasi diri dan pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Se-Gugus 1 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Teknik pengambilan data menggunakan skala psikologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus 1 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, dengan jumlah populasi sebanyak 152 siswa. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 110 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik validitas konstruk, instrumen dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli (expert judgment) kemudian diuji coba pada responden dan dianalisis menggunakan rumus korelasi product momen pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 44,80%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan efektif sebesar 19,3% 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan sumbangan efektif sebesar 64,1%. Kata kunci: efikasi diri, pola asuh authoritative, kemandirian belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:01
Last Modified: 25 Feb 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62874

Actions (login required)

View Item View Item