PENGARUH LATIHAN DRILL PASSING DAN BALL FEELING TERHADAP TINGKAT AKURASI PASSING PENDEK DALAM SEPAKBOLA PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN SSB GUMIWANG LOR TAHUN 2018

Purwanto, Nino Agus (2019) PENGARUH LATIHAN DRILL PASSING DAN BALL FEELING TERHADAP TINGKAT AKURASI PASSING PENDEK DALAM SEPAKBOLA PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN SSB GUMIWANG LOR TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NINO AGUS PURNOMO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penurunan prestasi para atlet SSB Gumiwang Lor juga disebabkan oleh menurunya motivasi siswa dalam berlatih. Hal tersebut juga menjadi faktor menurunya kemampuan teknik dasar passing pendek atlet SSB Gumiwang Lor. Diperlukan metode baru sebagai usaha meningkatkan kemampuan passing pendek. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan drill passing dan ball feeling terhadap tingkat akurasi passing pendek dalam sepakbola pada anak usia 8-10 Tahun SSB Gumiwang Lor Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “two groups pretest-posttest design. Instrumen dalam penelitian ini tes Akurasi Passing. Sample penelitian yang digunakan adalah Anak Usia 8-10 Tahun SSB Gumiwang Lor Tahun 2018 yang berjumlah 18 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil analisis uji t pada akurasi passing pendek dalam sepakbola dengan latihan drill passing diperoleh nilai t hitung (9,430) > t tabel (2,306), dan pada akurasi passing pendek dalam sepakbola dengan ball feeling diperoleh nilai t hitung (4,000) > t tabel (2,201). Dapat disimpulkan ada pengaruh latihan drill passing dan ball feeling terhadap tingkat akurasi passing pendek dalam sepakbola pada anak usia 8-10 Tahun SSB Gumiwang Lor Tahun 2018. Persentase peningkatan pada akurasi passing pendek dalam sepakbola dengan latihan drill passing diperoleh sebesar 52,81 %, pada akurasi passing pendek dalam sepakbola dengan Latihan Ball Feeling sebesar 14,13 %. Hasil akurasi passing pendek dalam sepakbola dengan latihan drill passing lebih baik dibandingakan dengan latihan ball feeling.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Drill Passing, Ball Feeling, Akurasi Passing Pendek Dalam Sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:36
Last Modified: 25 Feb 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62873

Actions (login required)

View Item View Item