PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA MEDIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ELEKTRONIKA MEDIS PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNY

Subkhan, Adnan (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA MEDIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ELEKTRONIKA MEDIS PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Kemajuan dalam bidang medis telah menyebabkan peralatan medis yang semakin canggih. Perlu adanya pembelajaran yang berkaitan dengan peralatan elektronik yang berkaitan dalam dunia medis. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan Modul pembelajaran elektronika medis di program studi Teknik Elektronika FT UNY; (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran elektronika medis pada mata kuliah Elektronika Medis program studi Teknik Elektronika FT UNY. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D model dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) Pendefinisian (Define); (2) Perancangan (Design); (3) Pengembangan (Develop); (4) Penyebaran (Disseminate). Media yang dikembangkan pada penelitian ini berupa modul pembelajaran berisikan 8 materi utama beserta soal evaluasi dan kunci jawaban. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran elektronika medis. Modul yang dikembangkan, dikategorikan sangat layak digunakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan sebesar 80%. Penilaian tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 88,1%. Sedangkan dari hasil ujicoba lapangan (responden mahasiswa) sebesar 89,2%. Berdasarkan data tersebut memperoleh rata-rata skor tiap penilaian sebesar 85,8%. Sehingga modul dikategorikan sangat layak digunakan untuk bahan pembelajaran mahasiswa program studi Teknik Elektronika FT UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Elektronika Medis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62865

Actions (login required)

View Item View Item