PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PROGRAM CONSTRUCT 2 PADA MATERI PELAJARAN CARA KERJA MOTOR BENSIN 2 LANGKAH DAN 4 LANGKAH UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 KLATEN KELAS X

Cahyadi, Fredy Dwi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PROGRAM CONSTRUCT 2 PADA MATERI PELAJARAN CARA KERJA MOTOR BENSIN 2 LANGKAH DAN 4 LANGKAH UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 KLATEN KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I_Revisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Revisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Revisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Revisi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan Program Construct 2 pada materi pelajaran cara kerja motor bensin 2 langkah dan 4 langkah untuk Siswa SMK Negeri 2 Klaten Kelas X. (2) Kelayakan media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 sebagai hasil produk pengembangan yang memenuhi persyaratan oleh ahli media. (3) Kelayakan media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 sebagai hasil produk pengembangan yang memenuhi aspek valid oleh ahli materi (4) Respon siswa SMK Negeri 2 Klaten Kelas X mengenai media pembelajaran berbasis android dengan Program Construct 2 pada kompetensi cara kerja motor bensin 2 langkah dan 4 langkah Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research And Development (R&D). Subjek penelitian uji coba yang terlibat adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media dan 30 siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraaan Ringan SMK Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis memproses data pengembangan produk dan melakukan penilaian kelayakan produk oleh dosen ahli. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Media yang dibuat dengan menggunakan Program Construct 2 memiliki spesifikasi Sistem operasi Android minimal ice cream sandwich (4.0), RAM minimal 225 MB dengan resolusi layar minimal 480 x 800 (2) Sangat layak berdasarkan evaluasi dari ahli media dengan persentase pencapaian 81,05% (3) Termasuk dalam kategori layak berdasarkan evaluasi dari ahli materi dengan persentase yaitu sebsar 78,46% (4) Respon siswa terhadap media yang dikembangkan memperoleh persentase pencapaian 86,15%, yang masuk kategori respon “positif”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengambangan Media dan Kelayakan Media
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62863

Actions (login required)

View Item View Item