HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, IKLIM ORGANISASI, DAN MANAJEMEN MUTU GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI KELAS X DAN XI SMKN 2 PENGASIH, KULON PROGO

Erdianto, Farhandhika (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, IKLIM ORGANISASI, DAN MANAJEMEN MUTU GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI KELAS X DAN XI SMKN 2 PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10.BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar, (2) hubungan iklim organisasi terhadap hasil belajar, (3) hubungan manajemen mutu guru terhadap hasil belajar, (4) hubungan motivasi belajar, iklim organisasi dan manajemen mutu guru secara bersama terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Teknologi Konstruksi dan Properti untuk variabel motivasi belajar sebanyak 233 siswa, lalu diambil sample sebanyak 135 siswa secara acak. Populasi variabel iklim organisasi dan manajemen mutu guru diambil dari guru Teknologi Konstruksi dan Properti sebanyak 16 guru dan tidak digunakan sample dalam pengambilan data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan skala likert yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Validasi menggunakan validasi logis dan analisis butir. Teknik analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif kuantitatif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. (1) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X dan XI Teknologi Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai r (korelasi), sebesar 0,780. (2) Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan hasil belajar siswa kelas X dan XI Teknologi Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai r sebesar 0,725 (3) Terdapat hubungan positif antara manajemen mutu guru dengan hasil belajar siswa kelas X dan XI Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai r (korelasi) sebesar 0,734. (4) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar, iklim organisasi, dan manajemen mutu guru secara bersama dengan hasil belajar siswa kelas X dan XI Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai R (korelasi) sebesar 0,816.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, iklim organisasi, manajemen mutu guru dan hasil belajar.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62859

Actions (login required)

View Item View Item