PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK UNTUK MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Aji, Ilham Wisnu (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK UNTUK MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Modul Pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik untuk peserta didik semester enam di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta, (2) Mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik pada Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik untuk peserta didik semester enam di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, (3) Mengetahui tanggapan peserta didik terhadap Modul Pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik yang dikembangkan terkait dengan peningkatan motivasi peserta didik dalam mempelajari Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono (2010) dengan tahapan: (1) pengumpulan potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk pertama, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk kedua, (10) pembuatan produk secara massal. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan subjek penelitian peserta didik Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Prosedur pengumpulan data menggunakan angket skala likert dengan skala empat pilihan untuk memperoleh data dari modul pembelajaran yang dikembangkan. Validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas isi dengan dasar pendapat para ahli (expert judgement). Analisa reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik. Penilaian kelayakan modul mencakup aspek materi, aspek media, uji coba terbatas dan uji coba pemakaian oleh 28 orang peserta didik. Kelayakan modul ditinjau dari ahli materi mendapatkan kategori layak sebesar 50% dan sangat layak sebesar 50% dengan rerata keseluruhan sangat layak sebesar 84%. Kelayakan modul ditinjau dari ahli media mendapatkan kategori layak sebesar 50% dan sangat layak sebesar 50% dengan rerata keseluruhan sangat layak sebesar 88%. kelayakan modul pada uji coba kelayakan mendapatkan kategori layak sebesar 61% dan sangat layak sebesar 39% dengan rerata keseluruhan sangat layak sebesar 80,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Pembangkit Tenaga Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62856

Actions (login required)

View Item View Item