PENGEMBANGAN MEDIA WALLCHART PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN

Putri, Dinda Triana (2019) PENGEMBANGAN MEDIA WALLCHART PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media wallchart pembuatan saku passepoille bagi siswa kelas X Tata Busana di SMK Doponegoro Depok Sleman 2) Mengetahui kelayakan media wallchart pembuatan saku passepoille bagi siswa kelas X Tata Busana SMK Diponegoro Depok Sleman. Jenis penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D. Tahap dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari; (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap penyebarluasan. Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dilakukan penilaian oleh expert judgment. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru pengampu mata pelajaran. Uji coba skala kecil 6 siswa dan uji coba skala besar 28 siswa kelas X Tata Busana. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan adalah 1) Menghasilkan media wallchart pembuatan saku passepoille yang baik dan layak digunakan ; 2) Kelayakan media wallchart pembuatan saku passepoille berdasarkan penilaian para ahli materi diperoleh masing-masing skor 20 dinyatakan layak, penilaian para ahli media diperoleh masing-masing skor 32 dinyatakan layak. Uji coba skala kecil rata-rata 68 termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba skala besar rata-rata 66 termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian diatas maka dihasilkan media wallchart pembuatan saku passepoille yang dapat digunakan dalam pembelajaran siswa tata busana kelas X di SMK Diponegoro Depok Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Wallchart, Pembuatan Saku Passepoille
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62852

Actions (login required)

View Item View Item