PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN KERAJINAN BANTALAN JARUM DARI LIMBAH HASIL JAHITAN BUSANA UNTUK SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Merlinda, Sinta (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN KERAJINAN BANTALAN JARUM DARI LIMBAH HASIL JAHITAN BUSANA UNTUK SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari limbah hasil jahitan busana untuk siswa kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 1 Tempel dan 2) mengetahui kelayakan media video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari limbah hasil jahitan busana untuk siswa kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Puslitjaknov. Prosedur pada penelitian ini meliputi; 1) analisis kebutuhan; 2) pengembangan produk; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba skala kecil; 5) uji coba skala besar. Subjek penelitian diambil menggunakan teknik random sampling kepada 19 siswa yang dibagi untuk uji coba skala kecil 6 siswa dan uji coba skala besar 19 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi dan pembuktian reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater dengan menggunakan koofisien kesepakatan Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) produk media pembelajaran berupa video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari limbah hasil jahitan busana untuk siswa kelas X busana butik SMK Muhammadiyah 1 Tempel; 2) hasil kelayakan video pembuatan kerajinan bantalan jarum dari limbah hasil jahitan busana berdasarkan pertimbangan dari ahli materi dengan rerata 18 dan ahli media dengan rerata 22 sehingga apabila dilihat pada tabel kriteria termasuk dalam kategori “layak”. Hasil uji coba skala kecil dengan rerata skor 81,33 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil uji coba skala besar dengan rerata skor 80 termasuk dalam kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media video, kerajinan bantalan jarum, siswa SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62849

Actions (login required)

View Item View Item