PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKRO 3 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Adi, Yuli Surya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKRO 3 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas X TKRO 3 SMK N 2 Yogyakata. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment . Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO 2 dan X TKRO 3 SMK N 2 Yog yakarta yang berjumlah 62 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui keadaan awal dilakukan pre-test dan untuk mengetahui keadaan akhir dilakukan post-test. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi pembelajaran yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan 50 soal valid dan hasil reabilitas sebesar 0,814. Teknik analisis data menggunakan statistik deskritif didukung dengan uji paired-samples T Test dan uji independent-samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa di kelas X TKRO 3 SMK N 2 Yogyakarta. Berdasarkan hasil uji pairedsample T Test diperoleh t hitung 11,731 lebih besar dari t tabel 2,042 (11,731>2,042) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar taraf 5% (0,000<0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah). Berdasarkan hasil uji independentsamples T Test diperoleh t hitung sebesar 2,090 lebih besar dari t tabel 2,000 (2,090>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,041 lebih kecil dari pada nilai signifikansi sebesar taraf 5% (0,041<0,05), menandakan model pembelajaran snowball throwing lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar Siswa, Ceramah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62845

Actions (login required)

View Item View Item