PENGEMBANGAN JOB SHEET PNEUMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGENDALI SISTEM ROBOTIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Budiman, Rochmad (2019) PENGEMBANGAN JOB SHEET PNEUMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGENDALI SISTEM ROBOTIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

SMK Muhammadiyah Prambanan memiliki Trainer Pneumatik dan Trainer Elektro Pneumatik, akan tetapi memiliki keterbatasan pada materi job sheet yang digunakan dalam pelajaran praktikum Pengendali Sistem Robotik. Tujuan penelitian adalah mewujudkan dan mengetahui tingkat kelayakan job sheet pneumatik pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik kelas XI di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) mengacu pada model pengembangan 4-D Models dengan empat tahapan pokok yaitu: (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (develop); (4) penyebaran (disseminate). Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2018 bertempat di SMK Muhammadiyah Prambanan pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik kelas XI TEI semester gasal dan diuji cobakan dengan jumlah 20 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penilaian tingkat kelayakan job sheet diuji expert judgment. Hasil penelitian pengembangan job sheet pnuematik memiliki lima kegiatan belajar dengan keunggulan pada desain media yang sederhana dan menarik, mudah digunakan untuk belajar sendiri maupun bersama guru. Materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang berlaku di sekolah. Hasil penilaian tingkat kelayakan job sheet oleh ahli materi diperoleh tingkat kelayakan sebesar 80% (kategori layak). Penilaian tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 87% (kategori sangat layak). Sedangkan dari responden memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,04% (kategori baik). Sehingga job sheet dikategorikan layak digunakan untuk bahan pembelajaran peserta didik di SMK Muhammadiyah Prambanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Job Sheet, 4-D Models, Pengendali Sistem Robotik, SMK Muhammadiyah Prambanan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62842

Actions (login required)

View Item View Item