PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Aditya, Riza Nur (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. BAB I 2X.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II 2X.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III 2X.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V 2X.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; (3) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; (4) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas XII jurusan teknik mesin yang mempunyai populasi 61 orang. Pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) yang terdiri dari angket lingkungan keluarga, angket lingkungan sekolah serta angket minat melanjutkan studi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua sedangkan untuk hipotesis yang ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Besarnya minat melanjutkan studi yang ditandai dengan hasil kecenderungan minat melanjutkan studi yang sangat tinggi dengan harga mean 40,8; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi bagi siswa kelas XII program keahlian teknik mesin di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi r = 0,278 dan signifikansi dengan uji t dimana 1,715 > 1,671; (3) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi bagi siswa kelas XII program keahlian teknik mesin di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi r = 0,630 dan signifikansi dengan uji t dimana 6,234 > 1,671; (4) Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi bagi siswa kelas XII program keahlian teknik mesin di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi r = 0,673 dan signifikansi dengan uji F, dimana

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62833

Actions (login required)

View Item View Item