ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIK KOMPETENSI PEMBUATAN JAS WANITA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT BUSANA WANITA KELAS XII SMK NU MIFTAHUL FALAH KUDUS

Anggraini, Rahma Darma (2019) ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIK KOMPETENSI PEMBUATAN JAS WANITA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT BUSANA WANITA KELAS XII SMK NU MIFTAHUL FALAH KUDUS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11513241042_BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11513241042_BAB II.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11513241042_BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11513241042_BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pencapaian hasil belajar praktik kompetensi pembuatan jas wanita pada pembelajaran membuat busana wanita Kelas XII SMK NU Miftahul Falah Kudus, dan (2) mengetahui pencapaian hasil belajar praktik kompetensi pembuatan jas wanita ditinjau dari aspek: persiapan, proses, dan hasil, pada pembelajaran membuat busana wanita Kelas XII SMK NU Miftahul Falah Kudus. Penelitaian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan penilaian non tes yaitu dengan penilaian kinerja. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK NU Miftahul Falah Kudus kelas XII program studi Tata Busana dengan jumlah 28 siswa. Validitas yang digunakan yaitu validitas isi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian hasil belajar praktik kompetensi pembuatan jas wanita pada pembelajaran membuat busana wanita kelas XII SMK NU Miftahul Falah Kudus sebanyak 75% (21 siswa) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), tetapi masih ada 25% (7 siswa) yang belum mencapai KKM. Rata-rata nilai adalah 76,9. Nilai tertinggi yang muncul adalah 93 dan nilai terendah 56., dan (2) pencapaian hasil belajar praktik kompetensi pembuatan jas wanita ditinjau dari aspek : persiapan, proses, dan hasil, pada pembelajaran membuat busana wanita kelas XII SMK NU Miftahul Falah Kudus. Bobot penilaian masing-masing aspek, yaitu: persiapan 10%, proses 60%, dan hasil 30%. Pencapaian kompetensi pada aspek persiapan sebesar 94,64%. Pencapaian kompetensi pada aspek proses sebesar 77,75%. Pencapaian kompetensi pada aspek hasil sebesar 85,71%. Dari ketiga aspek tersebut, aspek proses merupakan aspek dengan pencapaian kompetensi terendah sedangkan aspek persiapan merupakan aspek dengan pencapaian kompetensi tertinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis, pencapaian hasil belajar, jas wanita
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62827

Actions (login required)

View Item View Item