PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI TAMANWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Darmawan, Destian Dwi (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI TAMANWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi destian dwi darmawan CD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada anak tunadaksa di SLB Negeri Tamanwinangun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai dengan Januari 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru penjas adaptif, guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik tunadaksa. Analisis data yang digunakan yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan tujuan sudah sesuai dengan kondisi peserta didik dan penyusunan perangkat pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum 2013. Pelaksanaan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori meskipun kondisi pengalaman guru penjas adaptif masih tergolong minim di sekolah luar biasa. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap akhir pembelajaran, akhir pertemuan setiap materi, dan setiap akhir semester. Jenis evaluasi untuk kelas besar teori dan praktik sedangkan kelas kecil hanya praktik. Tindak lanjut dari evaluasi yaitu pengembangan bina gerak bagi peserta didik yang kemampuan motoriknya masih kurang serta dijadikan bahan acuan guru penjas adaptif untuk pembelajaran kedepannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: anak tunadaksa, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:23
Last Modified: 21 Feb 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62825

Actions (login required)

View Item View Item