TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PESERTA DIDIK PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA DAN SMA 1 KASIHAN BANTUL

Saptoaji, Kukuh (2019) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PESERTA DIDIK PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA DAN SMA 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
vinal skripsi kukuh 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permainan futsal mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Dalam permainan futsal, terdapat keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai, yaitu passing, controlinl, dribbling, chipping, dan shooting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keterampilan dasar bermain futsal siswa yang mengikuti ekstrakuikuler di SMA Negeri 4 Yogyakarta dan SMA 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan pengukuran. Instrumen yang di gunakan untuk pengambilan data adalah tes keterampilan bermain futsal yang di adaptasi dari penelitian Agus Susworo. Sampel dari penelitian ini berjumlah 35 siswa yang berasal dari SMA Negeri 4 Yogyakarta dan SMA 1 Kasihan Bantul yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui dari 20 siswa SMA Negeri 4 Yogyakarta, terdapat 2 pemain (10%) termasuk ke dalam kategori baik sekali, 5 pemain (25%) baik, 7 pemain (35%) cukup, 4 pemain (20%) kurang, dan 2 pemain (10%) kurang sekali. Sedangkan dari 15 siswa SMA 1 Kasihan Bantul, terdapat 1 pemain (6.67%) termasuk ke dalam kategori baik sekali, 4 pemain (26.67%) baik, 5 pemain (33.33%) cukup, 4 pemain (26.67%) kurang, dan 1 pemain (6.67%) kurang sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, futsal, keterampilan, teknik dasar
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:10
Last Modified: 21 Feb 2019 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62824

Actions (login required)

View Item View Item