Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran berbasis Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Prose Sains Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia.

Annisa, Desfi (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran berbasis Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Prose Sains Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desfi-annisa-16728251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa apabila pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik, untuk menguji perbedaan signifikan antara pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, menguji perbedaan signifikan antara keterampilan proses sains siswa sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri pada pembelajaran kimia. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain non- equivalent group pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran 5M. Instrumen penelitian divalidasi oleh 2 dosen dan 2 guru kimia, serta diujicobakan dengan melihat respons peserta tes. Penelitian ini melibatkan 55 peserta didik dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, pemahaman konsep berbentuk soal pilihan ganda beralasan terbuka, keterampilan proses sains berbentuk soal uraian dan diagram V untuk praktikum. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, MANCOVA, dan uji-t dengan bantuan program SPSS dan Quest Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) ada pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains apabila pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, (3) terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains siswa sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, dan (4) siswa menyukai pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri sebanyak 63%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesetimbangan kimia, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep, Pendekatan pembelajaran, Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, Quasi Eksperimen.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:36
Last Modified: 09 May 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62802

Actions (login required)

View Item View Item