Pengembangan Instrumen Need Assessment Topik Bimbingan Klasikal Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling Sosial Bagi Siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta.

Pristanti, Nindya Ayu (2017) Pengembangan Instrumen Need Assessment Topik Bimbingan Klasikal Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling Sosial Bagi Siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nindya ayu pristanti-15713251002 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen need assessment topik bimbingan klasikal bidang layanan bimbingan dan konseling sosial bagi siswa di SMP N 1 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengikuti model Saifuddin Azwar. Metode pengumpulan data melalui angket penilaian terhadap instrumen need assessment. Validitas tampang dilakukan secara kuantitatif dan secara kualitatif dengan penilaian dari 2 orang ahli dan 3 orang praktisi serta fokus grup diskusi (FGD). Analisis validitas isi menggunakan rumus aiken, analisis validitas konstruk menggunakan exploratory factor analysis (EFA) dan analisis reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dengan bantuan SPPS versi 20 for windows. Hasil penelitian pengembangan ini adalah instrumen need assessment topik bimbingan klasikal bidang layanan bimbingan dan konseling sosial bagi siswa di SMP N 1 Yogyakarta memiliki validitas tampang 0.79 dengan kriteria baik. Validitas isi diperoleh 0.85 dan reliabilitas 0.98 serta terdapat beberapa pengelompokan item pada indikator baru hasil analisis faktor eksploratori. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen need assessment topik bimbingan klasikal bidang layanan bimbingan dan konseling sosial bagi siswa layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen need assessment, topik bimbingan klasikal, bimbingan dan konseling sosial
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:02
Last Modified: 01 Nov 2022 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62800

Actions (login required)

View Item View Item