UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KEBONAGUNG

Ningrum, Yunita Prasetya (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KEBONAGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yunita Prasetya Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi keliling dan luas pada persegi dan persegi panjang menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas III SD Negeri Kebonagung. Melalui penggunaan media ini, siswa dapat lebih paham materi keliling, luas persegi dan persegi panjang dan lebih antusias mengikuti pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Kebonagung yang bertempat di Pojok, Sendang Agung, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada materi keliling, luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SD Negeri Kebonagung. Sebelum adanya tindakan, nilai rata-rata siswa hanya 55 dengan persentase ketuntasan hanya 15,63%. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa menjadi 71.88 dengan persentase ketuntasan mencapai 56,25%. Pada siklus II, pembelajaran matematika materi keliling, luas persegi dan persegi panjang menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan rata-rata nilai siswa menjadi 78.90 dan persentase ketuntasan mencapai 84,37% dari seluruh siswa kelas III memperoleh nilai di atas KKM, sehingga proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Media Permainan Ular Tangga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:00
Last Modified: 20 Feb 2019 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62798

Actions (login required)

View Item View Item