UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL GRUP INVESTIGASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUDOROGO

Utami, Wanda Tri (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL GRUP INVESTIGASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUDOROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
WANDA TRI UTAMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model Grup Investigasi (GI) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sudorogo. Model Grup Investigasi merupakan sebuah metode pembelajaran aktif sesuai dengan prosedur yang terstruktur agar siswa mampu menemukan jawaban dan memahami pembelajaran matematika melalui kegiatan siswa yang aktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis & Mc Taggrat yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi di setiap siklus tindakan. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sudorogo, Kaligesing. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika. Data hasil penelitian diperoleh dianalisis secara diksriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan peningkatan hasil belajar minimal 75% dari jumlah siswa mencapai KKM (60). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Grup Investigasi (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar matematika ditunjukan melalui hasil tes. Pada pratindakan dan hasil siklus 1 terdapat 0% yang mencapai KKM. Setelah itu, siklus 2 terdapat 62,5% masih dibawah indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata 87,5% dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata prasiklus sebesar 25,63, pada akhir siklus 1 sebesar 36,25, sedangkan pada akhir siklus 2 sebesar 58,75, dan akhir siklus 3 sebesar 71,25. Kata kunci : hasil belajar matematika, model grup investigasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:25
Last Modified: 20 Feb 2019 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62794

Actions (login required)

View Item View Item