FAKTOR-FAKTOR KEMALASAN PESERTA DIDIK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SD NEGERI MENTEL II KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Suharwati, Suharwati (2019) FAKTOR-FAKTOR KEMALASAN PESERTA DIDIK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SD NEGERI MENTEL II KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUHARWATI PGSD 2015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa malas dalam pembelajaran senam lantai di SD Negeri Mentel II Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mentel II Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menyebabkan peserta didik malas dalam pembelajaran senam lantai di SD Negeri Mentel II Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul yaitu karena peserta didik mengalami kesulitan saat melakukan gerakan senam. (1) Faktor internal: berat badan yang berlebih/gemuk, tidak nyaman setelah mengikuti pembelajaran senam lantai, lebih tertarik dengan olahraga yang ada unsur permainan, takut cedera. (2) Faktor Eksternal: peserta didik kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran, kurang menyukai materi pembelajaran senam lantai, sarana dan prasarana pembelajaran senam lantai masih kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor kemalasan, pembelajaran senam lantai, SD Negeri Mentel II
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:27
Last Modified: 18 Feb 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62783

Actions (login required)

View Item View Item