Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar dalam Pembentukan Kesadaran Diri Anak Usia Dini.

Rahimah, Febri Yuridnir (2018) Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar dalam Pembentukan Kesadaran Diri Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febri-yuridnir-rahimah-15717251022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media buku cerita bergambar yang layak dalam pembentukan kesadaran diri anak usia dini dan (2) mengetahui keefektifan buku cerita bergambar tersebut. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang meliputi: (a) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan format awal produk, (d) uji coba lapangan tahap awal, (e) revisi produk hasil uji coba lapangan tahap awal, (f) uji lapangan utama, (g) revisi produk operasional, (h) uji lapangan operasional, (i) revisi produk akhir, dan (j) diseminasi. Subjek uji coba lapangan tahap awal terdiri dari 6 anak kelompok B TK Al Amien. Subjek lapangan utama pada kelas eksperimen terdiri dari 15 anak kelompok B TK Al Amien dan 15 anak yang lain sebagai kelompok kontrol. Subjek uji operasional terdiri dari 40 anak kelompok B TK ABA Karangmalang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, media buku cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembentukan kesadaran diri anak usia dini. Hal tersebut dibuktikan dari hasil validasi ahli media yang menunjukkan bahwa Buku I dan Buku II berkategori “valid revisi kecil”. Hasil validasi ahli materi juga menunjukkan bahwa Buku I dan Buku II berkategori “valid revisi kecil”. Kedua, media buku cerita bergambar yang dikembangkan tersebut efektif digunakan dalam pembentukan kesadaran diri anak usia 5 – 6 tahun. Hal tersebut terbukti dari hasil uji coba lapangan utama yang menunjukkan bahwa p < 0,05 yaitu 0,000, sehingga dapat dinyatakan bahwa media tersebut dapat meningkatkan kesadaran diri anak secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media buku cerita bergambar, kesadaran diri anak usia dini.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:10
Last Modified: 09 May 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62777

Actions (login required)

View Item View Item