PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN TIC TAC TOE UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Hidayanti, Riska Sri and Istiyono, Edi (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN TIC TAC TOE UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP_RISKA SRI HIADAYANTI_14302241052.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan instrumen penilaian berbasis media permainan tic tac toe yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan materi fisika impuls, momentum, dan tumbukan, 2) mengetahui penguasaan materi fisika impuls, momentum, dan tumbukan pada peserta didik SMA, 3) mengetahui motivasi belajar peserta didik SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi Wilson dan model Oriondo dan Antonio. Validitas isi dengan expert judgement oleh ahli penilaian fisika, ahli pendidikan fisika, serta praktisi. Validitas isi menggunakan V-Aiken dan validitas empiris menggunakan program Quest politomus 1 PL. Instrumen diujicobakan secara terbatas pada 249 peserta didik dan diujicobakan secara luas pada 264 peserta didik dari 5 SMA di Kabupaten Sleman. Pengumpulan data untuk penguasaan materi fisika Impuls, Momentum dan Tumbukan diperoleh dari hasil skor peserta didik dalam mengerjakan soal-soal pada permainan tic tac toe. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) telah dihasilkan instrumen penilaian berbasis media permianan tic tac toe yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan materi fisika dan pencapaian motivasi belajar peserta didik SMA, sehingga nampak keseluruhan konstruksi sebagai berikut: a) instrumen yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas isi dengan expert judgement b) item soal dalam kriteria baik, indeks kesukaran berada pada rentang -0,61 sampai dengan 0,64, c) intrumen penilaian berbasis media permainan tic tac toe cukup reliabel (koefisien reliabilitas 0,58); 2) penguasaan materi fisika impuls, momentum dan tumbukan peserta didik pada uji coba lapangan luas kategori sedang 51% dan kategori tinggi 49%; 3) pencapaian motivasi belajar fisika peserta didik pada uji coba lapangan luas kategori rendah 5%, sedang 34%, dan tinggi 58%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, pengembangan, media permainan tic tac toe, impuls momentum dan tumbukan, penguasaan materi, dan motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:31
Last Modified: 25 Feb 2019 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62776

Actions (login required)

View Item View Item