AKTIVITAS BERMUSIK ANAK TK B DI KELURAHAN DONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Ibnu Saptara, Putra (2019) AKTIVITAS BERMUSIK ANAK TK B DI KELURAHAN DONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI (IBNU SAPTARA PUTRA-11111241025_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase aktivitas bermusik beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada anak kelas TK B di Kelurahan Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas TK B di Kelurahan Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta yang terdiri dari tiga TK, yaitu TK Pertiwi Donokerto I, TK Pertiwi Donokerto II dan TK Insan Cendekia semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi menggunakan alat bantu berupa lembar pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mendengarkan musik mencapai 94,44 %, aktivitas menyanyi mencapai 91,11 % dan aktivitas bergerak sesuai iringan musik mencapai 91,11 %. Perolehan persentase aktivitas bermusik secara keseluruhan adalah 92,22 %. Sesuai pembagian kriteria penilaian yang mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Acep Yoni, persentase aktivitas bermusik anak kelas TK B di Kelurahan Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta masuk kategori sangat baik. Faktor yang mendukung adalah komponen pembelajaran yang memadai sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi internal anak serta pola asuh orang tua. Kata kunci : Aktivitas bermusik, Anak TK B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:43
Last Modified: 18 Feb 2019 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62771

Actions (login required)

View Item View Item