Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Dan Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.

Andini, Yuli Tri (2018) Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Dan Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuli-tri-andini-16717251032.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh bermain peran dilihat dari peningkatan kemampuan kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan design pretest-postest non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 79 anak dan sampel yang digunakan sebanyak 61 anak yang berada di kelompok B. Penentuan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen validitas isi diuji menggunakan formula dari Gregory, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dengan taraf α < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain peran dilihat dari perbedaan hasil kemampuan kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun yang meningkat pada hasil pretes postest. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (α) < 0,05 yang berarti ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bermain peran, kemampuan kerjasama, kemampuan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:05
Last Modified: 09 May 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62768

Actions (login required)

View Item View Item