Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun.

Purnamasari, Yayu Mega (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yayu-mega-purnamasari-16717251018.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat yang layak bagi anak usia 5-6 tahun, dan (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat dalam meningkatkan karakter peduli sosial dan toleransi. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah pengembangan Borg & Gall yang meliputi 10 tahapan yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba awal, (5) revisi uji coba awal, (6) uji coba lebih luas, (7) revisi uji coba lebih luas, (8) uji operasionl, (9) penyempurnaan produk akhir, (10) diseminasi. Subjek yang digunakan untuk uji coba awal adalah 4 guru dan 6 anak usia 5-6 tahun dan uji coba lebih luas 8 guru dan 10 anak usia 5-6 tahun. Uji coba operasional terdiri dari 15 anak pada kelompok eksperimen dan 15 anak pada kelompok kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar validasi, lembar angket respon guru dan anak, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data pada uji coba operasional menggunakan non equivalent pretest postest control group design. Analisis data menggunakan uji prasyarat, uji t-test dan uji multivariate dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba, dan (2) media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat efektif untuk meningkatkan karakter peduli sosial dan toleransi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji multivariate bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 kurang dari 0,05 (<005), artinya media big book berbasis cerita rakyat efektif untuk meningkatkan karakter peduli sosial dan toleransi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, big book, karakter peduli sosial, karakter toleransi.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:06
Last Modified: 09 May 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62764

Actions (login required)

View Item View Item