Pengembangan Media Adaptasi Permainan Congklak untuk Menstimulasi Pengenalan Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Rachman, Sry Anita (2018) Pengembangan Media Adaptasi Permainan Congklak untuk Menstimulasi Pengenalan Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sry-anita-rachman-16717251019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) informasi tentang kebutuhan pengembangan media adaptasi permainan congklak untuk menstimulasi pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun, (2) kelayakan media adaptasi permainan congklak untuk menstimulasi pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun, dan (3) keefektifan media adaptasi permainan congklak untuk menstimulasi pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penlitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang memiliki lima tahapan yaitu :identifying the problem, describing the objectives, designing and developing product, testing and evaluating product, dan communicating the testing result. Validasi produk dilakukan dosen ahli (expert judment). Subjek uji coba terdiri dari 53 anak kelompok A dengan rincian: uji skala kecil dilakukan di TK Harapan Gandok dengan terdiri dari 13 anak, uji skala luas dilakukan di TK ABA Karang Malang dengan 40 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi terstruktur dengan desain penelitian Quasi Eksperiment menggunakan one group pretest postest design dan hasil uji prasyarat diperoleh dengan rumus Paired Sample t Test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media adaptasi permainan congklak untuk pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media dengan persentasi 87,14% dengan kategori sangat baik, ahli materi dengan persentasi 80% dengan kategori baik, guru dengan persentasi 79,45% berkategori baik, dan teman sejawat 86,85% berkategori sangat baik. Media adaptasi permainan congklak menstimulasi pengenalan angka dengan hasil 0,000 < 0,05 (sig. <0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media adaptasi permainan congklak dapat mengefektifkan hasil belajar dalam pengenalan angka 1-10 untuk anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media permainan congklak, pengenlan angka 1-10, anak usia 4-5 tahun
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2019 01:50
Last Modified: 09 May 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62763

Actions (login required)

View Item View Item