Rizqiyani, Revina (2018) Pengembangan Wordless Picture Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Kreativitas Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Taruna Minomartani, Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-revina-rizqiyani-16717251006.swf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan wordless picture book untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan kreativitas pada anak kelompok B usia5- 6 tahun. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada 10 langkah pengembangan dari Dick and Carey (2005). Langkah pengembangan wordless picture book meliputi: 1) analisis kebutuhan untuk menentukan tujuan, 2) melaksanakan analisis pengajaran, 3) analisa pembelajar dan konteks, 4) merumuskan tujuan pembelajaran, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih material pengajaran, 8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, 9) melakukan revisi, 10) mendesain dan melakukan evaluasi sumatif. Implementasi produk dilakukan melalui uji coba perorangan (uji coba pertama) melibatkan enam anak kelompok B di TK ABA Taruna, uji coba kelompok kecil (uji coba kedua) melibatkan 18 anak kelompok B di TK ABA Taruna yang belum menjadi subjek uji coba perorangan, dan uji lapangan melibatkan 50 anak kelompok B di TK ABA Taruna yang belum menjadi subjek uji coba perorangan dan kelompok kecil. Dari 50 anak dibagi menjadi 25 anak kelompok kontrol dan 25 anak kelompok eksperimen di TK ABA Taruna. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian ahli materi dan media, angket respon anak dan guru, lembar observasi kemampuan bercerita dan kreativitas. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) wordless picture book yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba, 2) wordless picture book yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak, 3) wordless picture book yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | wordless picture book, kemampuan bercerita, kreativitas, taman kanak-kanak |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 06:36 |
Last Modified: | 09 May 2019 09:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62760 |
Actions (login required)
View Item |