Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Kelompok B.

Olivantina, Rara Agista (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Kelompok B. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rara-agista-olivantina-16717251042.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk menigkatkan perilaku prososial anak kelompok B, (2) menghasilkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang layak untuk anak kelompok B, dan (3) memperoleh informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan perilaku prososial anak kelompok B. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, meliputi: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan model, dan (3) tahap pengujian model. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi, sedangkan uji coba dilakukan melalui 3 tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 5 guru dan 23 anak dari PAUD Al-Qur’an Karangploso, uji coba lapangan pada 9 guru dan kurang lebih 70 anak dari TK Muslimat NU, TK Sriwedari, TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling, dan TK PGRI 2 Wagir, serta uji efektivitas pada 55 anak dari TK ABA 01 Kecamatan Dau, TK & PG Kreatif Primagama, dan RA Al-Azhar Bantur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, angket respon guru, dan lembar observasi perilaku prososial anak. Model pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru untuk meningkatkan perilaku prososial anak tidak direncanakan dengan pasti. Guru hanya membiasakan anak dengan nasehat-nasehat verbal. Hal ini menyebabkan anak kurang meningkat dalam perilaku prososialnya. Oleh karena itu, guru membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku prososial anak dengan baik. Penelitian pengembangan ini menghasilkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Hasil skor penilaian kelayakan materi mendapatkan skor 52 yang berada pada kriteria “Sangat Baik”. Pada hasil uji coba lapangan awal, hasil respon guru terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan skor 56,4 yang berada pada kriteria “Baik”, sedangkan pada uji coba lapangan mendapatkan skor 60 yang berada pada kriteria “Sangat Baik”. Keefektifan model pembelajaran kooperaif tipe STAD diperoleh berdasarkan peningkatan perilaku prososial anak antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan α < 0,05 maka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku prososial anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan perilaku prososial anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD, perilaku prososial, anak kelompok B.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:09
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62759

Actions (login required)

View Item View Item