Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun.

Khasanah, Imroatun (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imroatun-khasanah-16717251034.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Mengembangkan model pembelajaran berbasis permainan sirkuit yang sesuai tahap perkembangan anak. (2) Mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis permainan sirkuit untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah Borg& Gall yang menyederhanakan 10 langkah pengembangan yang dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu: (1) Studi Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Produk, dan (3) Tahap Uji Coba Produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Subyek yang digunakan untuk uji terbatas adalah 14 anak, untuk uji coba lapangan 27 anak dan uji efektifitas sebanyak 40 anak. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon dan hasil observasi. Teknik analisis data uji efektifitas yang digunakan adalah analisis statistic nonparametric uji wilcoxon. Pengembangan model pembelajaran melalui permainan sirkuit memiliki langkah- langkah yang didalamnya terdiri dari kegiatan pra-pemanasan, kegiatan pemanasan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir (pendinginan). Hasil dari validasi yang dilakukan ahli dan guru didapatkan bahwa produk yang dikembangakan masuk dalam kategori “sangat baik”. Pengembangan model pembelajaran bermain sirkuit dinyatakan efektif dalam meningkatkan motorik kasar anak, hal ini terlihat nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan motorik kasar antara nilai kemampuan awal anak dengan kemampuan akhir setelah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model ini efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, permainan sirkuit, motorik kasar
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:48
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62756

Actions (login required)

View Item View Item