IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI 18 LARA GUNUNG, KECAMATAN BENGKAYANG, KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Navariani, Danis (2019) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI 18 LARA GUNUNG, KECAMATAN BENGKAYANG, KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Danis Navariani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya kedisiplinan siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 18 Lara Gunung Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V, guru kelas V, kepala sekolah, dan orang tua siswa kelas V. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan nilai kedisiplinan siswa masih rendah yang dilihat dari pelanggaran akademik, pelanggaran estetika, dan pelanggaran etika yang dilakukan siswa. Rendahnya kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri 18 Lara Gunung disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) faktor dari masalah siswa, meliputi: kesulitan belajar, yang dialami siswa, sifat siswa yang pemalas, siswa yang pasif, siswa merasa bosan mengikuti pelajaran, siswa mencari perhatian guru, dan siswa memiliki rasa penentang. 2) masalah guru, meliputi: guru menggunakan metode kurang tepat, ketidaktertiban, guru membiarkan kesalahan yang dilakukan siswa, guru bersikap keras, dan guru tidak ada umpan balik. 3) masalah di lingkungan keluarga, meliputi: kurang perhatian, kesibukan orang tua, ketidakteraturan dalam keluarga, dan pola asuh otoriter. 4) masalah di lingkungan sekolah, meliputi: kurangnya fasilitas belajar, kondisi lingkungan kurang kondusif, lemahnya kurikulum, jadwal belajar kurang cermat, lemahnya manajemen kelas. Kata kunci: faktor, rendahnya disiplin, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:26
Last Modified: 15 Feb 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62753

Actions (login required)

View Item View Item