PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD 1 SEKARSULI YOGYAKARTA

Nuruzzaman, Fahmi (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD 1 SEKARSULI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fahmi Nuruzzaman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode Time Token Arends pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD 1Sekarsuli Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD 1 Sekarsuli yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara melalui metode Time Token Arends. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penilaian siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 75% siswa telah mencapai KKM yaitu 75 dan nilai rata-rata kelas telah mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pra tindakan, siswa yang mencaai nilai KKM sebanyak 5 siswa atau 22% dengan nilai rata-rata kelas 67. Setelah dilakukan tindakan, siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 20 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata 82. Kata kunci: Time Token Arends, keterampilan berbicara, siswa kelas 5

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:17
Last Modified: 15 Feb 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62751

Actions (login required)

View Item View Item