Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK se-Kecamatan Bambanglipuro Bantul.

Setiyaningsih, Gunanti (2018) Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK se-Kecamatan Bambanglipuro Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gunanti-setiyaningsih-16717251025.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media big book berdasarkan studi lapangan, analisis kebutuhan dan studi literatur di TK se- Kecamatan Bambanglipuro Bantul untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun, dan (2) menguji keefektifan media big book yang dihasilkan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang mengadaptasi langkah Borg & Gall dengan tahap: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk pengujian terbatas, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi uji lapanga utama, (8) uji lapangan diperluas, dan (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba awal terdiri 25 anak kelompok B, sedangkan subjek lapangan utama sebanyak 79 anak kelompok B. Subjek uji lapangan diperluas terdiri dari 180 anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, validasi produk, observasi dan angket. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa media big book dan buku panduan penggunaannya yang terdiri dari pendahuluan, kompetensi dasar dan indikator, langkah-langkah penggunaan dan RPPH. Berdasarkan hasil dari validasi, materinya masuk kriteria cukup baik dan medianya masuk kriteria sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal, utama dan diperluas memiliki validitas Aiken valid. Kemampuan literasi anak pada uji lapangan awal berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Kemampuan literasi anak pada uji lapangan utama dan diperluas berada pada kategori berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media big book, kemampuan literasi, anak usia 5-6 tahun
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:03
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62750

Actions (login required)

View Item View Item