Pengaruh Pengasuhan dan Keterlibatan Ayah dalam Proses PAUD terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.

Bili, Dominggus Lero (2019) Pengaruh Pengasuhan dan Keterlibatan Ayah dalam Proses PAUD terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dominggus-lero-bili-16717251040.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pengasuhan dan keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan sosial emosional anak; 2) pengaruh pengasuhan terhadap perkembangan sosial emosional anak; 3) pengaruh keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan sosial emosional anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive, sampelnya adalah 146 ayah dan 146 anak-anak. Data dikumpulkan melalui angket dan lembar observasi: angket untuk mengumpulkan data pengasuhan dan keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan sosial emosional anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan dan keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 0,651. Hasil pengasuhan menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 0,643. Dan hasil keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 0,477.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan, Keterlibatan Ayah, dan Perkembangan Anak
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:04
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62745

Actions (login required)

View Item View Item