Pengembangan Media Stimulasi Kognitif Berbasis Pop Up Book Untuk Mengenalkan Konsep Bilangan, Pola, dan Klasifikasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Rahmawati, Dian Idha (2018) Pengembangan Media Stimulasi Kognitif Berbasis Pop Up Book Untuk Mengenalkan Konsep Bilangan, Pola, dan Klasifikasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-idha-rahmawati-16717251015.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media stimulasi kognitif berbasis pop-up book yang layak dalam mengenalkan konsep bilangan, pola dan klasifikasi pada anak usia 4- 5 tahun, dan (2) mengetahui efektivitas media stimulasi kognitif berbasis pop-up book dalam mengenalkan konsep bilangan, pola dan klasifikasi. Penelitian ini mengadaptasi langkah penelitian DDR (Design Development Reaserch). Tahapan penelitian pengembangan meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) evaluasi. Subjek uji coba pada uji skala kecil melibatkan 12 anak, sedangkan pada uji skala lebih luas melibatkan 40 anak usia 4-5 tahun. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar validasi, lembar angket respon guru dan anak, dan lembar observasi untuk anak. Teknik pengumpulan data pada uji coba operasional menggunakan one-group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media stimulasi kognitif berbasis pop-up book yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba, dan (2) media stimulasi kognitif berbasis pop-up book efektif untuk mengenalkan konsep bilangan, pola, dan klasifikasi pada anak usia 4- 5 tahun. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji paired sample t-test bahwa nitai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05(<0,05), artinya media stimulasi kognitif berbasis pop-up book efektif untuk mengenalkan konsep bilangan, pola, dan klasifikasi pada anak usia 4- 5 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pop-up book, pengenalan konsep bilangan, pengenalan pola, klasifikasi
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:44
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62743

Actions (login required)

View Item View Item