PENGEMBANGAN JOB SHEET PRAKTIK TEKNIK PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI, DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Jaya, Made Martana Gunadi (2019) PENGEMBANGAN JOB SHEET PRAKTIK TEKNIK PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI, DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan job sheet sebagai sumber belajar praktik teknik pengukuran tanah dan (2) mengetahui tingkat kelayakan job sheet sebagai sumber belajar praktik siswa kelas X Program Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan di SMK Negeri 2 Klaten. Manfaat penelitian ini agar siswa memiliki panduan materi untuk melaksanakan praktik. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan dengan model 4D (four-D) Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji tingkat kelayakan media job sheet melalui validasi yang dilakukan oleh dosen ahli materi, ahli media serta guru mata pelajaran teknik pengukuran tanah. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Prosedur pengembangan job sheet yang digunakan adalah model penelitian 4D Models yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) meliputi 4 tahap diantaranya tahap (a) pendefinisian (define) terdiri dari 5 tahap yaitu analisis awal kurikulum; analisis peserta didik; analisis tugas pokok; analisis konsep; dan rumusan tujuan pembelajaran, (b) perancangan (design) yang terdiri dari 4 tahap yaitu menentukan garis besar isi job sheet; mendesain isi job sheet; pemilihan format job sheet; dan penulisan draft awal job sheet, (c) pengembangan (develop), dan (d) penyebaran (disseminate). (2) hasil penilaian oleh ahli materi masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rerata 3,70. (3) hasil penilaian oleh ahli media masuk dalam kategori “layak” dengan perolehan skor rerata 2,86. (4) hasil penilaian oleh guru mata pelajaran dari segi materi masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rerata 3,67, sedangkan dari segi media masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rerata 3,62. Dapat disimpulkan bahwa job sheet praktik teknik pengukuran tanah layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: job sheet, praktik teknik pengukuran tanah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62726

Actions (login required)

View Item View Item