PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KONSEP LISTRIK DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Warisman, Yoga (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KONSEP LISTRIK DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui fungsionalitas dari media pembelajaran berbasis Android Konsep Listrik pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, (2) mengetahui tingkat kelayakan aplikasi media pembelajaran Konsep Listrik pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development & implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Depok Sleman dengan subyek penelitian yang melibatkan 32 siswa dari program keahlian Teknik Otomasi Industri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) uji fungsionalitas media pembelajaran aplikasi Android konsep listrik meliputi materi konsep listrik dapat dipelajari di dalam dan di luar kelas, navigasi berjalan 100%, link berfungsi seluruhnya, dan animasi berjalan lancar (2) penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 80% termasuk dalam kategori layak, penilaian terhadap pengguna guru memperoleh persentase sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan penilaian terhadap siswa memperoleh persentase sebesar 80,65% termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konsep listrik, media pembelajaran berbasis Android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62715

Actions (login required)

View Item View Item