PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PELAKSANAAN MEKANIKAL ELEKTRIKAL DENGAN POKOK BAHASAN SISTEM PROTEKSI LISTRIK PADA INDUSTRI MEKANIKAL ELEKTRIKAL

Pangestu, Eko Panji (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PELAKSANAAN MEKANIKAL ELEKTRIKAL DENGAN POKOK BAHASAN SISTEM PROTEKSI LISTRIK PADA INDUSTRI MEKANIKAL ELEKTRIKAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB 2.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB 3.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk: (1) menyusun modul pembelajaran Sistem Proteksi Listrik untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran sistem proteksi listrik menurut ahli materi dan ahli media, (3) mengetahui tanggapan penggunaan modul pembelajaran sistem proteksi listrik untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reasearch and development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4D dengan empat tahapan yaitu, Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan di 4 industri mekanikal elektrikal di Yogyakarta yaitu CV. Lita, PT. Altar Wiria Teknik, PT. Rellis Multi Energi, dan PT. Hepta Pujangga Elektrindo dengan diuji coba pada 30 orang pekerja dengan jabatan Ahli K3 Listrik (Inspector), Pengawas dalam bidang kelistrikan (Site Manager), dan instruktur diklat (Instructor). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran Sistem Proteksi Listrik yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri. Penilaian kelayakan terhadap modul pembelajaran oleh ahli materi diperoleh rerata skor keseluruhan 101 dari jumlah skor maksimum 124 dengan kategori “Sangat Layak”. Kelayakan ditinjau dari aspek media diperoleh rerata skor keseluruhan 119,5 dari jumlah skor maksimum 136 dengan kategori “Sangat Layak”, dan berdasarkan tanggapan dari pengguna diperoleh rerata skor keseluruhan 71,4 dari jumlah skor maksimum 88 dengan kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, 4D, Sistem Proteksi Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62710

Actions (login required)

View Item View Item