Pengembangan Software Perencanaan Sistem Pencahayaan untuk Mata Kuliah Perencanaan Instalasi Listrik

Hidayat, Firman Nur (2019) Pengembangan Software Perencanaan Sistem Pencahayaan untuk Mata Kuliah Perencanaan Instalasi Listrik. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

pencahayaan untuk mata kuliah perencanaan instalasi listrik, (2) mengetahui unjuk kerja software perencanaan sistem pencahayaan untuk mata kuliah perencanaan instalasi listrik, dan (3) mengetahui kelayakan software perencanaan sistem pencahayaan untuk mata kuliah perencanaan instalasi listrik Penelitian ini merupakan Research and development. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation or Delivery and Evaluation) dikombinasikan dengan model Sekuensial Linier pada tahap Development. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta dengan subyek mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perencanaan Instalasi Listrik. Teknik analisis data menggunakan instrument angket skala empat dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Software yang dikembangkan memiliki fitur yang cocok digunakan dalam pembelajaran perencanaan sistem pencahayaan. (2) Secara fungsional, unjuk kerja dari Software Perencanaan Sistem Pencahayaan menunjukkan unjuk kerja yang baik dan sesuai rencana ketika dioperasikan pada PC dengan spesifikasi yang sesuai. (3) Berdasarkan hasil uji Alpha, Software Perencanaan Sistem Pencahayaan memperoleh rata – rata skor 101,5 dengan predikat layak dari ahli media, skor rata – rata 61 dengan predikat layak dari ahli materi, memperoleh rata – rata skor 156,8 dengan kategori layak dari uji kelompok kecil. Hasil uji Beta, media pembelajaran mendapat rata – rata skor 158,8 dengan predikat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Software, Perencanaan, Sistem Pencahayaan, Research and development, ADDIE, Kelayakan, Perencanaan Instalasi Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62707

Actions (login required)

View Item View Item